Disahkan Jadi Ketum MUI, Kiai Anwar Iskandar: Tugas Kita ke depan Menjaga Rumah Besar Indonesia

Disahkan Jadi Ketum MUI, Kiai Anwar Iskandar: Tugas Kita ke depan Menjaga Rumah Besar Indonesia

17/11/2023 19:14 AZHARUN N

JAKARTA, MUI.OR.ID– Rapat Paripurna MUI secara resmi mengesahkan KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI menggantikan KH Miftachul Akhyar pada Jumat (17/11/2023) di Hotel Aryaduta, Jakarta. Pengesahan ini adalah kelanjutan dari penetapan Rapat Pleno Dewan Pimpinan 15 Agustus 2023. Rapat Paripurna tersebut dipimpin oleh Ketua Dewan Pertimbangan MUI KH Ma’ruf Amin. 

Pasca disahkan, Kiai Anwar Iskandar mengajak semua komponen baik di dalam MUI maupun ormas-ormas Islam di Indonesia untuk saling menyatu dan menguatkan. Itu untuk menjaga rumah besar bernama Indonesia.  

Di masa mendatang, kata Kiai Anwar, akan banyak hal-hal penting yang perlu dilaksanakan sebagai tanggung jawab MUI kepada negara, agama, dan umat. 

“Kerjasama ini amat penting agar kita bisa menjadi kekuatan, betapapun besarnya kita dari sisi kuantitas, jika tidak bisa menguatkan dan menyatu, maka tidak akan jadi kekuatan, ” terangnya di Hotel Arya Duta, Jakarta Pusat, Jumat (17/11/2023). 

Kekuatan itu, lanjut dia, akan menjadikan MUI tempat utama untuk memikirkan dan melaksanakan tanggung jawab tersebut. Sebagai mayoritas di Indonesia, maka tugas besar akan berada di tangan umat Islam. 

Bagaimana kondisi rumah besar Indonesia ini juga ditentukan oleh MUI maupun ormas-ormas Islam lain di Indonesia. Karena itu, persatuan ini menjadi modal utama untuk maju. 

Kiai Anwar menuturkan, salah satu hal yang harus menjadi perhatian adalah bagaimana memberikan pengayoman, bimbingan, dan edukasi kepada umat agar bisa lebih sejahtera. 

"Baik ilmunya, ekonominya, kesehatannya, persatuannya dan lain-lain, pasti berat menyangga agama dan negara ini, bukan sesuatu yang mudah, tapi itu harus kita ambil sebagai tanggung jawab bersama, " pungkasnya. (Sadam/Azhar)

Tags: rapat paripurna MUI, Ketua Umum MUI