Digelar 26 Juli 2024, Milad MUI ke-VIII Dimeriahkan Itsbat Nikah Hingga Ziarah Makam Ketua Umum MUI

Digelar 26 Juli 2024, Milad MUI ke-VIII Dimeriahkan Itsbat Nikah Hingga Ziarah Makam Ketua Umum MUI

30/06/2024 20:46 ADMIN


JAKARTA, MUI.OR.ID – Ketua Panitia (Organizing Committee) Milad MUI ke 49, KH Rofiqul Umam Ahmad menuturkan terdapat inovasi pada rangkaian kegiatan Milad MUI 2024. 

Dia mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud responsif MUI terhadap kebutuhan umat.

“Kita melihat bahwa setiap tahun ada beberapa variasi ada beberapa inovasi ada berapa hal-hal baru, dan ini merupakan wujud dari responsifnya MUI terhadap berbagai permasalahan atau kebutuhan bangsa,” tuturnya saat ditemui tim MUIDigital, Sabtu (29/6/24).

Salah satu wujud responsif MUI yang membedakan dari tahun-tahun sebelumnya adalah kegiatan isbat nikah. Hal tersebut merupakan upaya yang dilakukan oleh MUI agar setiap warga negara bisa memperoleh buku nikah sah.

“Salah satu wujud responsif kita adalah kita ingin pasangan muslim itu mempunyai buku nikah untuk memberikan penambahan penguatan hukum bagi terlaksananya hak-hak mereka dan hal tersebut dapat dipenuhi apabila mereka mempunyai buku nikah yang diterbitkan oleh pemerintah, itu salah satu hal yang baru,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kiai Rofiq juga mengatakan bahwa selain kegiatan isbat nikah, terdapat beberapa rangkaian kegiatan lain jelang puncak perayaan atau tasyakur milad MUI yang diselenggarakan sebagai bentuk rasa syukur atas bertambahnya usia MUI.

”Alhamdulillah sebagai rasa syukur terhadap anugerah Allah sampai Usia akan 49 tahun MUI tetap diberi kesempatan untuk eksistensi di tanah bumi pertiwi kita. Untuk itu, maka MUI menggelar beberapa kegiatan sebagai rangkaian dari milad ini, yang pertama yaitu call paper on fatwa, juga ada gerakan aksi Bela Palestina, serta bakti sosial berupa pengobatan gratis dan khitanan massal,” kata dia menjelaskan.

 “Selain itu, seperti yang saya jelaskan di awal, ada juga kegiatan isbat bagi pasangan muslim yang belum punya buku nikah, kemudian juga ada kegiatan ziarah ke makam pimpinan MUI yang telah wafat, antara lain Buya Hamka dan Kyai Ali Yafie,” imbuhnya.

Kiai Rofiq menyampaikan bahwa acara puncak memperingati hari ulang tahun MUI atau milad MUI akan dilaksanakan dalam sebuah acara bernama tasyakur milad ke 49 MUI yang akan dilaksanakan di Hotel Borobudur Jakarta pada tanggal 26 Juli 2024 bertepatan hari Jumat.

Lebih lanjut, Kiai Rofiq mengatakan bahwa sebelum memasuki acara puncak nantinya juga akan digelar pameran lukisan dan juga lelang beberapa lukisan. 

“Kita akan menggelar pameran lukisan sekaligus lelang dan beberapa lukisan itu nanti juga berupa lukisan beberapa ketua umum MUI. Lalu secara internal kita juga akan melakukan rakor konsolidasi organisasi MUI,” kata Kiai Rofiq.

Dia berharap, pada usia yang ke 49 semoga Allah swt senantiasa memberikan kekuatan kemudahan dan perlindungan sehingga terus bisa mengambil peran-peran strategis dan optimal untuk menjalankan tugas melindungi umat ,melayani umat dan sebagai Mitra pemerintah. (Dhea Oktaviani/Azhar)

Tags: Milad MUI ke-49, KH rofiqul Umam Ahmad, Itsbat Nikah