Dekan Fdikom UIN Jakarta: Adab di Media Sosial Tak Terkait Tinggi Rendah Pendidikan Tapi  Kolektivitas

Dekan Fdikom UIN Jakarta: Adab di Media Sosial Tak Terkait Tinggi Rendah Pendidikan Tapi Kolektivitas

27/10/2024 10:04 JUNAIDI

JAKARTA, MUI.OR.ID— Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Gun Gun Heryanto menyampaikan bahwa tidak adanya keadaban di media sosial tidak terkait tinggi rendahnya pendidikan pengguna, namun soal kolektivitas. Kolektivitas ini akan menularkan kebaikan atau keburukan. 

"Bukan hanya soal berpendidikan tinggi pasti beretika, tidak begitu. Tapi tentang seberapa banyak terlibat (secara) kolektif karena perilaku kolektif bisa menular," kata Gun Gun Heryanto dalam Studium Generale Digital Ethic yang bertajuk: Problematika Kontemporer di Era Media Sosial di Ruang Teater Fidkom UIN Jakarta, Jumat (25/10/2024).

Gun Gun menjelaskan, perilaku negatif di media sosial menjadi persoalan tidak adanya keadaban. Sayangnya, perilaku tersebut juga dilakukan oleh orang yang berpendidikan tinggi. Dia menjelaskan, dalam sebuah teori, dikemukakan bahwa perilaku yang dilakukan secara kolektif bisa menular. Untuk itu, dia berharap adanya perilaku positif yang dilakukan secara kolektif agar perilaku ini dapat menular.

Pakar Komunikasi Politik ini menuturkan, perilaku negatif di media sosial yang kerap terjadi adalah kekerasan. Selain itu, adanya fenomena echo chamber yang harus diwaspadai. 

"Ini menyebabkan kita harus waspadai kaarena digital bergantung pada komunikasi massa publik," kata dia. 

Lebih lanjut, Gun Gun menyampaikan terima kasih atas kehadiran Infokom MUI yang mengadakan kegiatan ini di Fidkom UIN Jakarta. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting dan memberikan manfaat bagi kedua lembaga. 

"Paling penting menguatkan dan mempererat silaturahmi, keluarga besar bisa kumpul karena MUI Pusat keluarga dekat dengan Fdikom. Saya kebetulan Ketua Pokja Media Watch dan Literasi jadi berkhidmat untuk kebaikan orang banyak melalui MUI," ungkapnya. 

Kegiatan yang digelar oleh Komisi Infokom MUI dan Fdikom UIN Jakarta ini dihadiri oleh Sekretaris Jenderal MUI Buya Amirsyah Tambunan, Wasekjen MUI Bidang Infokom H. Asrori S. Karni, Ketua Komisi Infokom MUI KH Mabroer MS, Wakil Dekan Fdikom Bidang Kemahasiswaan Dr Muhtadi, dan ratusan mahasiswa UIN Jakarta. (Sadam/Azhar)

Tags: mui, uin, infokom