Almarhum Kiai Nuril Huda Melahirkan Banyak Kader Hebat, Dua Anaknya Mengabdi di MUI

Almarhum Kiai Nuril Huda Melahirkan Banyak Kader Hebat, Dua Anaknya Mengabdi di MUI

20/12/2023 12:52 JUNAIDI

JAKARTA, MUI.OR.ID– MUI berduka karena salah satu tokoh hebat di kalangan NU, KH Nuril Huda wafat Rabu (20/12/2023). Sosok pendiri PMII ini selain melahirkan kader hebat juga membuat dua anaknya mengabdi di MUI. 

KH Rofiqul Umam Ahmad mengabdi sebagai wasekjen MUI Bidang Ekonomi Syariah dan Halal. Sedangkan adik Kiai Rofiq yaitu KH Yunan Azkaruzzaman mengabdi sebagai pengurus Komisi Fatwa MUI. 

Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis, masih merekam kebaikan Kiai Nurul Huda saat Kiai Cholil masih mahasiswa. Ia mengenang sosok Kiai Nuri sebagai sosok yang bersahaja dan dihormati kader PMII. 

"Innalillahi wa inna ilahi rojiun.Turut berduka cita yang mendalam atas wafatnya Bapak Drs. KH AN Nuril Huda (Ayahanda dari Wasekjen MUI-Rofikul Umam Ahmad) pada hari Rabu, 20 Desember 2023, pukul 06.35 WIB," dalam sebuah pesan yang diterima MUIDigital, Rabu (20/12/2023). 

Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis mengenang Almarhum KH Nuril Huda sebagai sosok yang bersahaja dengan kader-kader PMII. 

"Saya kenal Kiai Nuril Huda sejak saya aktif di PMII tahun 1993. Saya mulai masuk di PMII di Jakarta dan saat itu beliau sebagai pengurus di Lembaga Dakwah NU dan sekaligus pegawai di Kementerian Agama," ujarnya kepada MUIDigital. 

"Beliau sangat sahaja dengan kader-kader PMII dan beliau memotivasi kader-kader PMII untuk maju ke depan," sambungnya. 

Kiai Cholil menceritakan kenangan yang menurutnya sangat menggembirakan dari KH Nuril Huda. 

Ketika itu pada 1995, Kiai Cholil yang baru saja keluar dari Kantor PBNU diajak masuk ke mobil Kiai Nuril Huda karena sama-sama ke arah daerah Kampung Melayu dari Kramat Raya. Masih terekam erat di benak Kiai Cholil tentang kepedulian Kiai Nuril untuk kadernya. 

"Betapa senangnya saya dulu dikasih uang oleh Beliau Rp 100.000. Kalau sekarang mungkin sekitar Rp 2000.000. Nah, itu tidak terlupakan karena saya lagi gak punya uang saat itu sebagai mahasiswa juga," ungkapnya. 

Lebih lanjut, kiai Cholil mengungkapkan, ia kerap mengikuti ceramah-ceramah yang disampaikan oleh Kiai Nuril Huda. Menurutnya, ceramah yang disampaikan kiai Nuril Huda selalu dihiasi dengan humor yang penuh makna. 

"Beliau sampai sekarang tidak memilih-milih yang dirasakan oleh teman-teman sampai umur 82 2021. Beliau masih datang ke teman-teman PMII, saya pernah diundang ke rumahnya acara syukuran, masih ngumpulin kader-kader," ujarnya.

Kiai Cholil menyampaikan, salah satu amal sholeh yang semasa hidupnya dilakukan oleh KH Nuril Huda adalah menyiapkan kader-kader NU yang baik. 

"Kader-kader bangsa yang original, dan banyak kader-kader yang hebat itu di kalangan NU dan PMII adalah orang yang dulu dirawat, dikader oleh KH Nuril Huda," sambungnya. 

Kiai Cholil mendoakan, agar Almarhum KH Nuril Huda diterima amal baiknya, dan dimaafkan segala dosa-dosanya. 

"Semoga almarhum diterima amal-amal baiknya, jariyah-jariyah kepada kader dan dimaafkan segala dosa-dosanya. Mudah-mudahan. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, allahummaghfirlahu warhamhu waafihi wafuanhu. Al Fatihah," tutupnya.

(Sadam/Azhar)

Tags: kiai nuril huda, pendiri pmii