Mahasiswa Sekolah Tinggi Al Azhar Lubuklinggau Pelajari Praktek Dakwah ke MUI

0
7683

JAKARTA — Puluhan Mahasiswa dari Sekolah Tinggi Al Azhar Lubuklinggau, Sumatera Selatan mengunjungi Kantor Pusat Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jalan Proklamasi 51, Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (22/2/2017) untuk memahami dakwah empiris. Kedatangan mereka di MUI disambut oleh H Solahuddin Al Ayubi dan H Misbahul Ulum selaku Wakil Sekretaris Jendral (Wasekjen) MUI.

Rombongan itu terdiri dari ketua dan 36 mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah angkatan pertama Sekolah Tinggi Al Azhar Lubuklinggau.

Saat ini, mahasiswa tersebut tengah memasuki semester enam. Salah satu mahasiswa bernama Ahmad Fauzi menuturkan, kedatangan rombongan ini bertujuan untuk mengetahui dakwah kekinian dan bidikan-bidikan dakwah.

“Selama di MUI kami mendapatkan tentang pengorganisasian dan struktur sampai di bawah,” kata Fauzi.

Sebelum mendatangi MUI, rombongan sempat mengunjungi beberapa lembaga seperti kantor Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia dan kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama. “Kemarin dari Dewan Dakwah kemudian ke PBNU,” kata Mansyur selaku ketua rombongan.

Mansyur melanjutkan, kunjungan seperti ini adalah kunjungan pertama kali. “Ini kan angkatan pertama. Jadi angkatan pertama itu harus berkualitas,” ujar Mansyur.

Mansyur mengatakan kunjungan rombongan ini bertujuan mengenali praktek-praktek dakwah di lapangan secara nyata. Mansyur memang mengakui bahwa selama kunjungan hanya mendapatkan materi dan cerita. Namun Mansyur menekankan, materi dari beberapa lembaga tersebut lahir dari pengalaman mendalam di lapangan.

“Walau sekadar paparan namun mungkin apa yang disampaikan oleh beberapa lembaga yang kita kunjungi itu adalah pengalaman praktis,” ujarnya.

Mansyur berharap kunjungan seperti ini akan menjadi inspirasi untuk Mahasiswa. “Saya yakin paling tidak kunjungan-kunjungan ini akan menjadi sumber inspirasi bagi mereka dalam mengembangkan dakwah mereka di tengah masyarakat,” ujar Mansyur. (Azhar/Din)

LEAVE A REPLY