Pernyataan Forum Ukhuwah Islamiyah MUI Jelang Pileg 2014

0
281

Pernyataan Forum Ukhuwwah Islamiyah
Majelis Ulama Indonesia
Menghadapi Pemilu Legislatif 2014

 

Bismillahirrahmanirrahim

Forum Ukhuwwah Islamiyyah (MUI) yang terdiri segenap Pimpinan MUI dan Ormas-Ormas/Lembaga-Lembaga Islam Tingkat Pusat, dalam rangka menyongsong Pemilu Legislatif 9 April 2014 yang berlangsung umum, damai jujur, adil dan berkualitas.

Dengan ini menyatakan hal-hal sebagai berikut:

1. Kami bertekad untuk semakin meningkatkan ukhuwwah Islamiyyah, kebersamaan, kekompakan dalam menghadapi masalah dan tantangan umat Islam dan Bangsa Indonesia, khususnya menghadapi Pemilu Legislatif 2014.

2. Menegaskan bahwa kemerdekaan Republik Indonesia adalah hasil perjuangan dan pengorbanan para syuhada’, maka kami menolak setiap gelagat dan upaya yang ingin memberi peluang bagi pengaruh dan dominasi kekuatan asing, dan mendiskreditkan peran umat Islam dan pembangunan bangsa.
3. Mengecam keras upaya kelompok pemilik modal dan konglomerat hitam yang berupaya mendikte dan mengendalikan perpolitikan Indonesia baik untuk kepentingan bisnis mereka maupun kepentingan lainnya.

4. Menyerukan kapada umat Islam dan bangsa Indonesia untuk mencegah, melawan dan melaporkan politik uang dan suap menyuap sebagai bentuk risywah yang dilarang Islam. Aneka bencana yang melanda bangsa selama ini merupakan penjelmaan laknat Allah akibat merajalelanya budaya suap menyuap dalam kehidupan bangsa.
5. Mendukung seruan MUI agar umat Islam menggunakan hak pilihnya pada Pemilu Legislatif 9 April 2014 secara cerdas dengan senantiasa mengikuti kata hati serta memilih Caleg Muslim/Muslimah yang berakhlakul karimah, jujur, mampu menunaikan amanah, amar ma’ruf nahi mungkar, serata melakukan perubahan kea rah perbaiakan (ishlah) dan memajukan kehidupan bangsa dan negara mencapai masyarakat adil dan makmur.

Jakarta, 3 Jumadil Akhir/ 3 April 2014

Ditanda-tangani oleh segenap perwakilan Ormas-Ormas Islam/Lembaga Islam Tingkat Pusat dan MUI.