22 Desember 2017

Taushiyah Akhir Tahun 2017 Majelis Ulama Indonesia

WhatsApp Image 2017-12-22 at 14.27.18
1.169 Views
SHARE

TAUSIYAH AKHIR TAHUN 2017 M
MAJELIS ULAMA INDONESIA (MUI)
Jakarta, 22 Desember 2017

Bismillahirrahmanirrahim

Majelis Ulama Indonesia dalam rangka pergantian tahun, dari tahun 2017 kepada tahun baru, tahun 2018 dengan bertawakkal kepada Allah SWT meyampaikan sikap dan pandangan serta taushiyah sebagai-berikut:

1. MUI menyerukan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk terus berusaha menjaga dan meningkatkan persatuan dan kesatuan serta menjauhi falsafah dan pandangan hidup yang tidak sesuai dan tidak sejalan dengan falsafah Pancasila dan UUD 1945, agar bangsa ini tetap dapat berdiri kuat dan kokoh sehingga apa yang menjadi cita-cita kita bersama yaitu terciptanya negeri yang indah, aman dan damai serta rakyatnya hidup dalam kesejahteraan dan keadilan serta dilindungi oleh Allah SWT dapat terwujud dan tercapai.

2. Untuk terjaga dan terpeliharanya kerukunan dalam kehidupan antar umat beragama, MUI menghimbau para pengusaha dan para pihak terkait lainnya agar dalam suasana natal dan pergantian tahun baru ini tidak memaksa / mendorong / mengajak karyawan yang beragama Islam untuk memakai atribut-atribut dan atau symbol-simbol yang tidak sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan mereka.

3. Mengingat tahun 2018 adalah tahun politik karena beberapa daerah di Indonesia akan menyelenggarakan pemilukada maka MUI mengajak semua kontestan dan partai politik yang ada agar mengedepankan moralitas dan al akhlakul karimah serta menghindari dan menjauhi praktek-praktek kotor yang dilarang agama, seperti cela-mencela, risywah (money politik) dan berbagai bentuk kecurangan dan perbuatan yang tidak terpuji lainnya.

4. Untuk meningkatkan kemajuan ekonomi nasional, MUI mendorong masyarakat untuk lebih meningkatkan produktivitasnya dan untuk membeli produk-produk hasil produksi dalam negeri yang merupakan hasil karya dari anak-anak bangsa.

5. Khusus dalam menghadapi pergantian tahun dan datangnya tahun baru 2018 M, MUI mengajak dan menghimbau masyarakat luas untuk menyambut dan menyongsong tahun baru tersebut dengan penuh kesederhanaan, tidak hura-hura dan menghindari pola hidup yang bersifat materialistik, konsumeristik dan hedonistik.

6. Menyambut gembira hasil voting atau pemungutan suara yang dilakukan dalam Sidang Majelis Umum Persyarikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang diselenggarakan baru-baru ini yang menolak keputusan presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk mengakui dan menjadikan Yerussalem sebagai ibu kota Israel.

7. MUI mendorong pemerintah Indonesia untuk terus dan lebih meningkatkan lagi langkah-langkah diplomasinya dalam rangka melaksanakan amanah dari Pembukaan UUD 1945 agar hak-hak dari rakyat dan bangsa Palestina dapat dihormati dan ditegakkan sehingga mereka bisa membentuk sebuah negara Palestina yang merdeka dan berdaulat dengan Ibu Kota Yerussalem dapat segera terwujud.

 

DEWAN PIMPINAN
MAJELIS ULAMA INDONESIA

Ketua Umum,                                                       Sekretaris Jederal,

Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin                                 Dr. H. Anwar Abbas, MM, M.Ag

WhatsApp Image 2017-12-22 at 14.20.31

WhatsApp Image 2017-12-22 at 14.27.18 (1)