28 Juni 2018

Sambutan Ketua KPI Pusat Dalam Anugerah Syiar Ramadhan 2018

Screenshot_8_compressed
1.199 Views
SHARE

Kain putih pertanda suci

Kain tenun simbol yang mewakili

Bulan Ramadhan telah pergi

Semoga tahun depan bertemu lagi

 

Cerah tak berawan langit siang hari

Garam berkilau di pantai Bali 

Anugerah siaran ramadhan pada televisi

Program terbaik yang dicari

 

Malam berkawan hendak hilangkan sepi

sudut kota tujuan kami

Siaran ramadahan tidak hanya mengedukasi

patutnya turut mencerahkan sanubari

 

Murah dijual si buah rambutan

Dibeli dari kota sukabumi

inilah Anugerah Siaran Ramadhan 

Bukti Cinta untuk negeri

 

============================================

 

 

 

 

YANG TERHORMAT,

 

  • Menteri Pemuda dan Olahraga, Bapak Dr. H. Imam Nahrawi
  • Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, Bapak K.H Ma’ruf Amin
  • Sekretaris Menpora, Bapak Gatot S Dewa Broto
  • Staf khusus Bidang Komunikasi dan Kemitraan Kemenpora, Anggia Ermarini
  • Sesdep Kemenpora, Dr. H. Amar Ahmad
  • Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora, Sr. H. Asrorun Niam Sholeh
  • Komisioner dan Kepala Sekretariat KPI Pusat
  • KPI Daerah
  • Para Nominasi

Serta hadirin yang berbahagia.

 

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh, selamat pagi dan salam sejahtera   untuk kita semua.

 

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT Tuhan yang maha kuasa, atas limpahan karunia, hidayah dan inayah-nya, sehingga pada pagi ini kita bertemu menghadiri Anugerah Syiar Ramadhan 1439 H/2018 M.

Pada kesempatan yang baik ini kami turut bersyukur atas terselenggaranya kegiatan Anugerah Syiar Ramadhan 1439 H/2018 M.

  1. Pertama-tama atas nama keluarga besar Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat kami mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H, kiranya kita semua dapat saling memaafkan sebagai bukti syukur kita kepada-Nya. Indahnya momentum Hari Raya Idul Fitri ini kita manfaatkan untuk saling berbagi dan saling memberi maaf dari hati dengan keikhlasan dan ketulusan jiwa yang sempurna.

 

  1. Untuk itu dalam kesempatan yang berbahagia ini kami mengajak hadirin dan hadirat sekalian untuk melapangkan dada, membuka hati dan penuh keikhlasan untuk saling meminta dan memberi maaf atas kesalahan di antar kita semua, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

 

  1. Seperti tahun-tahun sebelumnya, KPI selalalu menyambut baik kegiatan Anugerah Syiar Ramadhan yang bekerja sama dengan MUI untuk melakukan pengawasan, evaluasi, dan penganugerahan kepada Lembaga Penyiaran atas siaran dan program-program Ramadhan 1439 H yang berkualitas.

 

  1. Tahun ini sedikit berbeda, KPI dan MUI juga bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk memberikan anugerah kepada tayangan inpiratif bagi para pemuda. Kerjasama dengan Kemepora ini merupakan perluasan usaha bersama dalam rangka mendorong Lembaga Penyiaran untuk membuat tayangan yang berkualitas dan menginspirasi pemuda Indonesia. Hasil survei Center for Strategic and International Studies (CSIS) 2017 menyatakan, sebanyak 79,3 % generasi milenial menonton televisi setiap harinya. Sedangkan yang mendengarkan radio hanya 9,5 %setiap harinya dan yang membaca surat kabar hanya ada 6,3 % setiap harinya. Oleh karena itu, tayangan yang menginspirasi untuk memperbaiki kualitas hidup para pemuda harus ditingkatkan.

 

  1. Khususnya pada saat bulan ramadhan, tayangan-tayangan yang positif dan melejitkan spiritualitas harus lebih diperbanyak, terlebih dalam konten-konten siaran yang ada. Semangat siaran ramadhan ini tentunya meningkatkan nilai-nilai agama yang dicurahkan kepada bangsa dan negara melalui program siaran yang tentunya disalurkan melalui frekuensi publik.

 

  1. Apabila kita melihat sebulan ke belakang, bagaimana program-program siaran ramadhan ditayangkan. Apakah tayangan-tayangan di bulan ramadhan yang kita lalui tahun ini sudah sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku. Sesuai dengan UU Penyiaran, P3SPS, maupun norma-norma agama.

 

  1. Dengan adanya program siaran ramadhan, tentu Lembaga Penyiaran sudah seharusnya dapat turut menanamkan dan mempertahankan nilai-nilai kebaikan, kesalehan sosial, dan kemuliaan dalam kehidupan bermasyarakat karena program televisi harus bisa menjadi keteladanan guna memperbaiki kualitas hidup bangsa dan negara.

 

 

  1. Menurut data dari Common Sense Media, 46% sumber berita bohong masih berasal dari Media TV, Radio, dan Koran. Media Penyiaran seharusnya dapat menyampaikan informasi yang menghibur dan mendidik, bukan menyebarkan berita bohong (hoax). Program siaran televisi ramadhan juga tidak boleh menyesatkan. KPI juga menghimbau Lembaga Penyiarn untuk memperbanyak program yang dapat memperkuat akidah dan keimanan masyarakat.

 

  1. Pada kegiatan Puncak Anugerah Syiar Ramadhan 1439 H / 2018 M ini memberikan apresiasi kepada Lembaga Penyiaran yang berusaha untuk terus mencerminkan spirit ramadhan dalam program-program siarannya.

 

 

  1. Ada 7 kategori dalam penghargaan ini dan 1 (satu) penghargaan khusus. Diantaranya:

(1) Kategori Pencarian Bakat

(2) ceramah

(3) Wisata Budaya

(4) Talkshow

(5) sinetron dan film

(6) Kategori Kultum

(7) Reality Show

(8) dan penghargaan khusus kategori Televisi Terbaik Syiar Ramadhan 2018,

Serta kategori:

  • Dai Muda Inspiratif
  • Grup Musik / Penyanyi Muda Inspiratif
  • Host Muda Inspiratif
  • Aktor Muda Inspiratif
  • Program Inspirasi Pemuda Indonesia

 

  1. Atas nama keluarga besar Komisi Penyiaran Indonesia kami mengucapkan selamat bagi para penerima anugerah Syiar Ramadhan 2018 dan terima kasih kepada pihak-pihak yang mensukseskan acara ini: rekan-rekan Kementerian Pemuda dan Olahraga, MUI, dan partisipasi lembaga penyiaran, serta pihak-pihak lain yang mendukung kegiatan ini yang insya allah terselenggara dengan baik dan lancar. Terima kasih, semoga kegiatan Anugerah Syiar Ramadhan 2018 bernilai ibadah. Wabillahi taufiq wal hidayah, asssalamu’alaikum wr. Wb.