21 Februari 2017

Pengurus MUI Pusat Masa Khidmat 2015-2020 Dikukuhkan

KH-Maruf-Amim-Tugas-MUI-Memperkuat-Komitmen-Kebangsaan
1.632 Views
SHARE

JAKARTA – Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat menggelar kegiatan ta’aruf dan pengukuhan pengurus masa khidmat 2015-2020 di kantor MUI Jalan Proklamasi Menteng Jakarta Pusat, Selasa (29/9).

Struktur dan personalia dibacakan oleh Sekretaris MUI H Anwar Abbas. Sementara pembacaan baiat dipimpin langsung oleh Ketua Umum MUI KH Ma’ruf Amin yang diikuti oleh Dewan Pimpinan MUI lainnya. Ketua Dewan Pertimbangan MUI HM Din Syamsuddin dan Wakil Ketua KH Didin Hafiduddin juga mengikuti pembacaan baiat.

Selain Dewan Pimpinan, personalia pengurus komisi-komisi MUI masa khidmat 2015-2020 juga dikukuhkan. Ada duabelas (12) komisi yang akan membantu kerja-kerja Dewan PimpinanPusat MUI untuk periode ini.

Keduabelas komisi tersebut adalah 1)Komisi Fatwa dipimpin oleh Prof DR H Hasanuddin AF; 2)Komisi Ukhuwah Islamiyah dipimpin oleh Drs H Adnan Harahap; 3)Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat dipimpin oleh KH Cholil Nafis; 4)Komisi Pendidikan dan Kaderisasi dipimpin oleh Prof Dr Sudarnoto Abdul Hakim; 5)Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat dipimpin oleh Dr Marsyudi Syuhud;

6)Komisi Informasi dan Komunikasi dpimpin oleh Drs H Masduki Baidlowi; 7)Komisi Perempuan, Remaja dan Keluarga dipimpin oleh Prof Dr Hj Marwah Daud Ibrahim; 8)Komisi Hukum dan Perundang-undangan dipimpin oleh Prof Dr H Muhammad Baharun SH, MA; 9)Komisi Pengkajian dan Penelitian dipimpin oleh Prof Dr H Utang Ranuwijaya MA;

10)Komisi Kerukunan Antar Umat Beragama dpimpin oleh Drs Choirul Fuad Yusuf MA, MSi; 11)Komisi Pembinaan Seni Budaya Islam dipimpin oleh Habiburrahman El-Syirozi Lc; dan Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional dipimpin oleh Dr Sobahus Surur.

Masing-masing komisi terdiri dari lebih dari 20 orang. Personalia terbanyak ada di Komisi Fatwa sampai 67 orang. Jumlah pengurus untuk masa khidmah ini merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah MUI, dengan total lebih dari 300 perngurus. KH Ma’ruf Amin mengatakan, Dewan Pimpinan MUI mengakomodir para pengurus dari kalangan ormas Islam, kaum intelektual dan professional. (*)