10 Juni 2018

MUI, Ormas Islam Pertama Raih ISO 9001: 2015 dari WQA

ISO
1.094 Views
SHARE

Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat telah resmi menerima sertifikasi ISO 9001:2015 dari World Wide Quality Assurance (WQA) yang berpusat di Inggris pada Jum`at 23 Ramadhan 1439 H/8 Juni 2018 M di Aula HM. Rasyidi, Kementerian Agama, Jl M.H. Thamrin, Jakarta Pusat.

Kegiatan yang diawali oleh talkshow dengan tema “Modernisasi Ormas Islam” dengan pembicara Prof Jimly Ash-Shiddiqie sebagai Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia, Buya Dr. Anwar Abbas sebagai Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia, Drs H. Irsyadul Halim mewakili Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), M. Aristian mewakili WQA, dan dimoderatori oleh Drs H Masduki Baidlowi, Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi (Infokom) MUI Pusat.

Prof Jimly merasa sangat tertarik dengan isu pembenahan managemen pada Ormas Islam dan berharap MUI sebagai Ormas Islam pertama bisa mendorong ormas lainnya (menjadi role model) untuk kembali mengingat ucapan Sayyidina Ali, Al-Haqqu bila an-Nidhzham yaghlibuhul baathilu bin an-Nidzham, yang artinya kebaikan yang tak dikelola dengan baik akan dikalahkan oleh kebatilan yang dikelola rapi.

Ia juga menegaskan untuk membuat database yang terogranisir dan standarisasi Ormas, karena menurutnya jika ormas-ormas menjadi lebih baik, negarapun akan lebih baik dan siap menjadi dewan penasehat modernisasi Ormas Islam se-Indonesia dan akan merencanakan pertemuan seluruh sekretaris jenderal seluruh ormas Islam.

Buya Anwar Abbas juga merasakan hal yang semakin hari semakin baik dalam tubuh internal Majelis Ulama Indonesia secara kasat mata semenjak ISO mulai diterapkan. Penyelesaian masalahpun menjadi lebih mudah karena sudah ada satu rujukan tetap dan diterima oleh semua komponen MUI.

M Aristian menegaskan Sertifikat ISO merupakan penghargaan dan pengakuan dari WQA bahwa MUI telah menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015, ke depan, dan berharap MUI terus meningkatkan pelayanannya kepada umat dan menjadi organisasi modern profesional, akuntable, dan transparan.

Ketua Majelis Ulama Indonesia, Prof Dr KH Ma`ruf Amin, menegaskan bahwa secara ukuran MUI belum mampu untuk sampai ISO 9001: 2015. Namun karena tekad yang kuat dan dorongan dari banyak pihak, satu tahun berjuang, akhirnya MUI bisa menerima sertifikat ISO 9001:2015 pada hari ini, dan menandakan bahwa MUI sudah bekerja sesuai standar ISO 9001: 2015 dalam khadimul ummah wa shadiqul hukumah (pengayom masyarakat dan mitra pemerintah). (Ichwan/Thobib)