4 Januari 2018

MUI Depok Selenggarakan Pendidikan Kader Ulama untuk Pemuda

PKU
120 Views
SHARE

Sebagai wujud perhatian kepada generasi mendatang, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menyelenggarakan kegiatan pengkaderan pemuda dalam bentuk Pendidikan Kader Ulama (PKU).

“Kaderisasi ini bersifat tahunan, dalam tiga tahun terakhir ini sudah ada ratusan pemuda yang mewakili setiap kecamatan dan pondok pesantren di Kota Depok,” kata Ketua MUI Kota Depok, KH. Ahmad Dimyati Badruzzaman di Depok Selasa (2/1) seperti dimuat Republika.co.id.

Selama dua bulan, tutur Kiai Dimyati, pemuda terpilih akan menjalani pendidikan di Gedung MUI Depok. Pemuda tersebut dibekali materi keislaman seperti Ulumul Tafsir, Ulumul Quran, Hadis, Fiqih, dan materi terkait tantangan dakwah kekinian. Setiap materi, lanjut Kiai Dimyati, diberikan oleh para Kiai maupun akademisi yang kompeten di bidangnya sehingga diharapkan melahirkan kader dakwah yang mumpuni.

“Peserta yang telah lulus, diharapkan dapat menyebarkan ilmunya secara aktif dan seluas-luasnya,” ujarnya.

MUI Kota Depok juga mengadakan pembinaan berupa pengajian rutin kepada para pemuda.Setiap Senin setelah shalat Zuhur ada pengajian terbuka bersama organisasi kepemudaan di Depok yang pematerinya Kiai Dimyati sendiri. Materai bahasan dalam pengajian tersebut bermacam-macam. Mulai dari Tafsir Hadis, Tasawud, sampai Akidah Akhlak. Setiap dua bulan sekali, MUI Depok juga mengadakan pengajian ulama umara membahas persoalan umat terkini.

“Para pemuda kita undang, sehingga nilai-nilai keislaman dapat tertanam dalam keseharian mereka. Kegiatan ini juga dalam rangka mendukung salah satu visi Kota Depok, yaitu menjadi Depok yang religius,” tutupnya.

Sumber: Republika.co.id