17 Februari 2017

Mahasiswa UIN Malang Rihlah Ilmiyah ke Kantor MUI

17.Mahasiswa UIN Malang Rihlah Ilmiyah ke Kantor MUI
347 Views
SHARE

JAKARTA – 40 Mahasiwa UIN Malang Maulana Malik Ibrahim berkunjung atau rihlah ilmiyah ke kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jalan Proklamasi Menteng, Selasa(24/01). Mereka adalah para peserta program beasiswa Bidik Misi Kementerian Agama.

40 mahasiwa ini terdiri dari berbagai tingkatan dengan jurusan fakultas yang berbeda beda yaitu Fakultas Tarbiyah, Ekonomi, Humaniora, dan Syariah. Mereka terima oleh dua wakil sekjen MUI Amirsyah Tambunan dan Sholahudin Al Aiyubi.

Fikri Abdul al Aziz, Ketua Keluarga Besar Mahasiswa Bidik Misi atau disingkat KMBM mengatakan, pihaknya ingin menggali informasi dan menimba pengalaman dari para ulama di MUI.

Menurutnya, saat ini generasi muda menghadapi persoalan dalam memadukan sikap beragama dengan bernegara. Mahasiswa harus mengedepankan nilai agama tetapi tidak menanggalkan kebangsaan dan juga saat berbangsa tidak menanggalkan agama.

“Kami mahasiswa yang masih muda ini masih mudah terinvensi dengan hal yang lain. Kami perlu pembekalan agar bisa memilah dengan pemahaman bukan doktrinasi,” ujar Fikri.

Wakil Sekjen MUI Amirsyah menambahkan, dalam kunjungan ini mahasiswa ingin mengembangkan intelektual dan spiritual untuk menciptakan kader-kader yang berintelektual dan akhlak yang matang.

Terlebih lagi salah satu mahasiswa bidik misi ini ada yang sudah menghafal Al-Qran 30 juz. “Nah bibit-bibit unggul seperti ini harus terus dikembangkan,” kata Amirsyah. (Aida)