7 Mei 2017

KPEU-MUI Dan LPPOM-MUI Rintis Sentra Bakso Halal

Screenshot_30
512 Views
SHARE

Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat (KPEU) MUI melalui Pusat Inkubasi Bisnis Syariah (PINBAS) Bakso Halal dan LPPOM MUI, membangun komitmen bersama Paguyuban Pedagang Bakso DKI Jakarta untuk membentuk Sentra Bakso Halal Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Hal itu disepakati dalam Sosialisasi Halal Bakso pada Senin, 1 Mei 2017, di Aula lantai 4 MUI, Jl Proklamasi 51, Menteng, Jakarta Pusat.

Rencananya, PINBAS Bakso Halal KPEU MUI menjadikan Sentra Bakso Halal Pasar Minggu sebagai role model dan cikal bakal PINBAS Bakso Halal di Indonesia

“Acara ini masih satu rangkaian dari tindak lanjut Kongres Ekonomi Umat pada akhir April 2017 lalu,” kata Delmenita, Wakil Sekretaris Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI, saat memberikan sambutan acara ini.

Dalam acara tersebut, Wakil Direktur LPPOM MUI, Ir. Hj. Osmena Gunawan menjelaskan berbagai kriteria Standard Operating Procedure (SOP) atas Standar Sistem Jaminan Halal (SJH) kepada puluhan Pengusaha Bakso di Jakarta Selatan.

Di antara pengusaha bakso yang ikut dalam PINBAS Bakso Halal ini adalah Haji Suwarman (Bakso Rahayu), Erfan Setiawan (Bakso Titoti), Karman (Bakso Mantep), Trimo (Bakso Obama), dan berbagai pengusaha bakso lainnya.

Screenshot_31

Rencananya, menurut Haji Suwarman, Ketua Paguyuban Bakso DKI Jakarta, tindak lanjut dari kegiatan ini, sentra Bakso Halal yang akan berlokasi di Pasar Minggu ini akan membuat lokasi khusus yang membuat penjaminan halal seluruh proses pembuatan Bakso.

“Sejak dari pemasok daging, penggilingan, hingga pengolahan akhir Bakso, akan dibina oleh Standard Operational System Jaminan Halal LPPOM MUI,” pungkas Haji Suwarman, Ketua Paguyuban Pedagang Bakso DKI Jakarta. (Ichwan)