6 Maret 2017

Ketua MUI Menerjemah Pidato Ketua DPR Kepada Raja Salman

Prof-Amany
951 Views
SHARE

“Saya berada di kabin penerjemahan. Saya menerjemahkan ke dalam bahasa Arab untuk video perjalanan hubungan RI dengan Arab Saudi dan pidato Ketua DPR RI. Ini lebih sulit karena (dari Indonesia) ke Arab.”

Itulah ucapan Prof Dr Amany Lubis, Ketua MUI bidang Perempuan, Remaja, dan Keluarga, yang berkesempatan menjadi penerjemah ke dalam bahasa arab video perjalanan hubungan Indonesia-Arab Saudi dan pidato ketua DPR RI Setya Novanto kepada Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud pada Kamis (2/3/2017) di Gedung DPR RI, Jakarta.

Kemahiran Prof Amany berbahasa Arab sudah terasah sejak kecil. Masa kecil tinggal dan belajar di Mesir. Sejak kelas 3 SMP  sampai perguruan tinggi dihabiskan di negeri piramida itu. Ia menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Al Azhar. Predikat terbaik diterimanya di Universitas tersebut. S2 dan S3 di IAIN Jakarta.

Selain mahir bahasa Arab, ia juga lancar berbahasa Inggris dan Prancis. Maka tidak heran bila kemudian ia sering malang melintang lintas negara untuk berbagai kegiatan.

Saat ini, Prof Amany merupakan guru besar Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta. Ia merupakan putri Prof Nabilah Lubis, mantan dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta.

Di UIN, Prof Amany banyak dikenal karena kiprahnya di dunia keilmuan terutama terkait sejarah dan politik. Selain di UIN, ia juga mengajar di universitas-universitas lain di Indonesia. (Azhar)