9 Januari 2018

Ijtima Ulama VI Akan Diselenggarakan di NTB

DSC_9277_compressed
87 Views
SHARE

Jakarta – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Prof Dr KH Ma`ruf Amin resmi menetapkan Ijtima` Ulama ke-6 akan diselenggarakan di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Rapat Pimpinan Harian MUI, Selasa (9/1) di Aula Buya Hamka, Jl Proklamasi 51, Menteng, Jakarta Pusat.

Acara besar tiga tahunan pertemuan Komisi Fatwa seluruh Indonesia ini direncanakan pada pertengahan April 2018 mendatang di salah satu Pesantren di NTB berdasarkan amanat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) MUI di Bogor akhir November 2017.

“Ijtima` Ulama sangat pentingm karena selain membahas masalah keagamaan, itu juga punya nilai bertemu ulama seluruh Indonesia dan NTB sudah memenuhi kriteria yang ada, tinggal disurvei di pesantren mana” kata Kiai Ma`ruf.

DSC_9280_compressed

“Pondok Pesantren menjadi pilihan tempat Ijtima` Ulama untuk menjaga nilai akademis dan keislaman dalam pembahasan masalah-masalah keagamaan,” kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI Pusat KH Asrorun Niam Sholeh.

Beberapa tema besar yang menjadi bahasan Ijtima` Ulama tahun ini adalah Asasiyah Wathoniyah (Dasar Kebangsaan), Masaail Mu`asyiroh (Masalah Kemasyrakatan), dan Masail Qanuniyah (Masalah Hukum).

“Kategori wathoniyah dalam Ijtima` Ulama mencakup intensifiaksi bayar pajak, hutang untuk keperluan nasional. Sedangkan Mu`asyaroh dan Qanuniyah contohnya seperti donor organ dan aliran kepercayaan,” ujarnya.

Selain itu, tambah Kiai Niam, Komisi Fatwa MUI juga telah menyiapkan serangkaian acara Pra -Ijtima seperti halaqah, workshop, penugasan makalah, dan focus group disucssion. (Ichwan/Anam)