21 Juli 2017

Baru Dilantik, Pengurus MUI Kwandang Diminta Jadi Pelopor Persatuan Umat.

umat-muslim-saat-melaksanakan-shalat-istisqa-atau-shalat-sunah-_121019222439-536
757 Views
SHARE

Wakil Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Roni Imran, meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) kecamatan Kwandang menjadi pelopor persatuan umat.

“Saat ini persatuan dan kesatuan umat di daerah ini semakin baik, maka diperlukan peran seluruh organisasi sosial kemasyarakatan, termasuk MUI untuk memperkokohnya,” ucapnya kala menghadiri pelantikan pengurus MUI Kecamatan Kwandang di Gorontalo Utara, Gorontalo, Kamis (20/7).

Seperti ditulis Republika, permintaan Roni tersebut muncul karena tahun 2018 ada pemilihan kepala daerah di kabupaten Gorontalo Utara yang kemungkinan bisa menimbulkan gesekan antar pendukung calon.

“Agenda Pilkada jangan sampai mengobrak-abrik persatuan masyarakat, persatuan umat, serta antarumat beragama, mengingat masyarakat di daerah sangat heterogen sehingga rawan dimasuki isu-isu yang bisa memecah belah,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Roni, peran MUI mulai tingkat kecamatan sangat dibutuhkan guna menghalau tindakan-tindakan yang bisa merugikan masyarakat atau proses pembangunan di daerah tersebut.

Selain kepada MUI, Roni juga mengatakan bahwa pemerintah juga bertugas untuk mengawal jalannya pesta demokrasi agar masyarakat matang berpolitik. Sehingga tidak menimbulkan permusuhan antar pendukung ataupun kandidat calon nantinya.

“Pemerintah daerah pun sangat tertantang menghadapi dinamika politik, sebab bertanggung jawab penuh mempersatukan masyarakat dalam bingkai demokrasi, khususnya menghadapi Pilkada 2018,” imbuhnya.

Pelantikan pengurus MUI Kecamatan Kwandang ini juga dihadiri Ketua MUI Provinsi Gorontalo Abdurrahman Bachmid serta Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Gorontalo Utara, Muhammadun Rahmola. Pelantikan tersebut serangkaian dengan acara Halal Bihalal 1438 H.

Sumber: Republika

Sumber Foto : Antara/Arief Priyono